lidiaschool.org – Mikrobiologi merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang makhluk yang berukuran kecil, yang biasa kita sebut dengan mikroorganisme atau lebih mudahnya disebut dengan mikroba. Mikrobiologi ini dimulai sejak ditemukannya mikroskop. Mikroba meliputi bakteri, fungi (jamur), protozoa, alga, dan virus.  Uniknya walaupun makhluk ini tergolong kecil namun makhluk inilah yang paling banyak populasinya di muka bumi. Fakta lain yang membuatnya menjadi unik yaitu, mikroba yang menempel di tubuh manusia membuat aroma tubuh manusia berbeda pada tiap individunya. Selain itu, mikroba yang menempel pada tubuh manusia dapat melindungi tubuh dari paparan penyakit.

Pada gigi juga terdapat mikroba yang dapat membantu mencerna sisa makanan yang menempel di gigi, sehingga setelah makan ada baiknya togel hari ini tidak langsung menggosok gigi karena dapat membunuh bakteri tersebut. Namun, jangan dibiarkan terlalu lama karena bakteri tersebut akan mengeluarkan enzim bersifat asam yang dapat membuat gigi berlubang. Oleh karena itu, disarankan untuk menggosok gigi sehari 2-3 kali yaitu pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

Apa yang di Pelajari Mikrobiologi?

Mikrobiologi memiliki berbagai ruang lingkup yang menyangkut mikrobia dan aspek-aspek biologi. Misalnya fisiologi mikrobia, ekologi mikrobia, sistematika mikrobia, dan mikrobiologi lingkungan.

Selain itu, mikrobiologi memiliki beberapa cabang-cabang yang memiliki klasifikasi ke dalam ilmu terapan, atau terbagi menurut taksonomi, seperti bakteriologi, mikologi, protozoologi, virologi, fikologi, dan ekologi mikroba. Sementara, cabang penelitian murni mikrobiologi istilahnya adalah mikrobiologi seluler.

Pada masa kini, mikrobiologi masuk ke dalam berbagai bidang dan sangat erat kaitannya dengan cabang ilmu lain seperti kedokteran, ilmu gizi, teknik kimia, farmasi, dan pertanian, serta astrobiologi dan arkeologi.

Lantas, apa yang akan kamu pelajari di Jurusan Mikrobiologi? Kamu akan belajar tentang biologi molekuler, salah satu cabang biologi yang mengkaji kehidupan pada skala molekul. Yang termasuk di dalamnya adalah penyelidikan tentang interaksi molekul dalam benda hidup, terutama tentang interaksi berbagai sistem dalam sel, termasuk interaksi DNA, RNA, dan sintesis protein.

Dalam jurusan ini, kamu juga akan mempelajari mikroba yang bermanfaat bagi pengelolaan lingkungan, pengendalian hama, dan pengolahan limbah. Jurusan ini juga memungkinkan kamu melihat dan mempelajari langsung bakteri, alga mikroskopik, jamur, virus, ragi, dan protozoa.